Langsung ke konten utama

7 Minuman Belahan Dunia yang Bisa Kamu Nikmati Saat Berbuka Puasa

Mencari minuman di bulan Ramadhan terbilang gampang-gampang susah. Alasannya, minuman yang dijual sudah pernah kita rasakan yang membuat kita mudah bosan. Alasan lainnya, karena bisa dibuat di rumah, jadi kita berpikir cukup panjang untuk sekedar membeli minuman. Lantas minuman seperti apa yang bisa kita cari untuk berbuka puasa?

Sumber Unsplash

Untuk mencarinya, kamu bisa melihat di sekeliling kamu minuman baru yang cocok untuk berbuka puasa. Namun bila kamu tidak menemukannya, kamu bisa mencoba minuman dari luar negeri. Nah bagi kamu yang penasaran dengan minuman luar negeri, ada beberapa minuman yang bisa kamu coba.

1. Sobyah, Si Dingin yang Manis Dari Arab Saudi

Sobyah atau sobia, sumber ramadan.tempo.co

Sobyah, minuman ini sangat terkenal di Arab Saudi, terutama saat bulan Ramadhan. Minuman ini memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu mengembalikan energi yang telah hilang saat berpuasa. Jadi aman menjalankan ibadah yang lain.

Untuk kamu yang ingin membuatnya, cukup sederhana. Kamu hanya memerlukan sereal barley, gula, roti cokelat, kayu manis, kapulaga dan tidak lupa juga es batu. Setelah itu, baru ikuti langkah ini
  • Rendam roti cokelat (roti gandum boleh juga) dan sereal barley di dalam air selama 24 jam. Kamu bisa juga merendam roti cokelat dengan memotongnya terlebih dahulu agar lebih mudah.
  • Setelah direndam, rebus hasil rendaman sampai mendidih lalu matikan api. Tambahkan kapulaga dan kayu manis. Lalu, diamkan kembali selama 24 jam.
  • Terakhir, setelah selasai semuanya, gunakan saringan untuk menyaring air dari rendaman. Jangan lupa menambahkan es batu atau menyimpannya di lemari es untuk menambah kesegaran.
Akhirnya Sobyah siap diminum untuk menemanimu berbuka puasa.

2. Mojito, Pelepas Dahaga Ala Kuba

Mojito, foto dari Neha Deshmukh di Unsplash

Mojito (sebutan kita Mohito) adalah minuman sejenis koktail tradisional dari Kuba. Minuman ini terbuat dari Rum putih, gula, air jeruk nipis, air soda dan daun mint. Kamu juga bisa menambah bahan lain seperti buah-buah yang semakin menambah kesegaran.

Tapi tunggu, bukannya haram minum Mojito? Karena mengandung Rum putih yang dilarang agama. Nah bagi kamu yang seorang muslim dan berpuasa, kamu bisa menghilangkan Rum putih dan menggantinya dengan bahan lain seperti lemon. Kamu bisa melihat versi halalnya seperti ini

Salah satu mojito yang diolah ke versi halal

Lalu bagaimana cara membuatnya? Ini dia
  • Sediakan gula pasir di atas permukaan piring ceper. Oles pinggiran gelas dengan memutar jeruk nipis di tepiannya. Lalu putar-putar pinggiran gelasnya  di atas gula pasir.
  • Selanjutnya peras jeruk nipis ke dalam wadah, lalu masukkan daun mint, strawberry dan gula pasir.
  • Hancurkan daun mint dan strawberry secara bersamaan dengan sendok, hal ini bertujuan untuk membuat sari dari strawberry dan daun mint bisa bercampur dengan air.
  • Bagi muslim, tidak perlu menambahkan rum. Cukup menambahkan soda saja. Lalu, aduk hingga gula larut. Setelah itu, tuangkan kedalam gelas yang telah di hias dan jangan lupa es batu.
Taraa.. Mojito siap melepas dahagamu saat berpuasa. Oiya, bagi kamu yang kurang suka Strawberry, bisa mengganti dengan buah yang lain seperti Raspberry, Jeruk, Apel dan lainnya.

3. Sikhye Dari Korea

Sikhye dari Flickr

Sikhye adalah minuman khas Korea yang hasil fermentasi dari nasi dengan tepung ragi. Minuman ini dipercaya dapat memperlancar saluran pencernaan sehingga cocok untuk berbuka puasa. Nah bagi kamu yang ingin membuat, cukup banyak tersedia di internet. Mengingat masih booming-nya demam K-Pop dan Fashion khas Korea.

4. Vimto, Minuman yang Diburu Saat Bulan Ramadhan

Vimto, foto dari Chef Cooke di Foter

Minuman segar lainnya yang bisa kamu temukan ada di Inggris, yaitu Vimto. Minuman ini memiliki cita rasa manis yang cocok mengganti energi yang hilang selama berpuasa. Vimto juga bisa dijadikan alternatif kafein dengan kadar rendah sehingga tidak mempercepat haus saat berbuka puasa.

5. Teh Turki

Teh, salah satu minuman tradisi dari Turki. Foto dari Unsplash

Kebiasaan meminum teh tidak hanya dilakukan di Indonesia saja, namun kebiasaan tersebut berlangsung di negara lain seperti Inggris, Jepang dan Turki. Untuk Turki, kebiasaan meminum teh sudah menjadi budaya, sehingga tidak asing bila mengunjungi negeri ini penuh dengan budaya minum teh.

Kebiasaan ini juga berjalan saat Bulan Ramadhan, dengan menggunakan rempah-rempah yang ringan dan aroma yang kuat, cocok untuk menjadi teman untuk berbuka puasa.

6. Sirap Bandung, Si Kental dari Malaysia

Sirap Bandung, foto dari Flickr

Sirap Bandung, terdengar seperti dari Bandung. Namun minuman ini sebenarnya dari Malaysia yang populer di Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Untuk namanya, memiliki istilah dalam bahasa melayu yaitu sirap yang artinya sirup, sedangkan bandung berarti pasangan. Lalu untuk kandungannya merupakan campuran dari susu kental dan sirup mawar yang memberikan warna merah muda. Untuk rasa, cocok menjadi teman saat berbuka puasa.

7. Kvass, Minuman Ramadhan Khas Rusia

Kvass, minuman khas Rusia. Foto dari Flickr

Kvass, minuman non-alkohol yang dihasilkan dari proses fermentasi dan dicampur dengan perasa buah. Minuman ini termasuk golongan tidak beralkohol dengan persentase alkohol 0,5 - 1% sehingga halal dikomsumsi. Minuman ini juga bisa dinikmati bersama makanan seperti Okroskha (sup dingin khas Rusia) yang membuat cocok dijadikan minuman berbuka puasa bersama teman dan keluarga.

Nah itulah 7 Minuman Belahan Dunia yang Bisa Kamu Nikmati Saat Berbuka Puasa. Bagi kamu yang ingin mencoba minuman luar negeri, semoga artikel ini bermanfaat.

Komentar

  1. wah ada ga ya sereal barley di indonesia? abg tertarik sama sobia ini, dingin, manis, kalau dilihat-lihat seperti teh tarik tapi versi encernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada gan, tersedia di toko online. Bisa juga menggantinya dengan oat..
      Hehe iya, mirip teh tarik versi encernya..

      Hapus
  2. Saya suka yang nomor enam, sepertinya enak tuh

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Dari korea ada gan, namanya Hwachae. Minuman ini mirip juga sama es buah di Indonesia.. :D

      Hapus
  4. Semua minumannya bikin kepengiiin ...
    Ngiler lihatnya.
    Tapi yang paling pengin segera kujajal Kvass

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soda Badak - Minuman Soda Ala Pematang Siantar

Kalau cerita minuman soda, pasti tiada habis-habisnya. Apalagi kalau sudah mampir di gerai cepat saji / fast food , makin komplit deh ceritanya. Namun pernahkah kamu berpikir seperti apa minuman soda dari negeri kita? Kami juga sempat bertanya-tanya seperti apa minuman soda asal negeri kita. Sambil memikirkannya, kami singgah di sebuah warung dengan memesan ayam goreng dan nasi. Tidak perlu menunggu lama, pesanan tiba. Kami pun menikmatinya sampai puas. Selesai menikmatinya kami pun melihat sekitar kami. Ternyata banyak anak muda memesan minuman soda cap Badak di warung ini. Dengan penuh penasaran kami pun ikut memesannya. Saat disajikan, kami bertanya kepada pelayan tentang minuman ini. Ternyata minuman ini, minuman soda khas negeri kita, tepatnya dari Pematang Siantar. Pelayan di warung juga menyarankan soda badak dicampur dengan susu, tapi kami lebih memilih mencoba soda badak tanpa susu. Soda Badak, source: lisalubis.blogspot.com Penasaran dengan cerita pel

Perempuan dan Iklan Es Krim

Apa yang membuat es krim (ice cream) menarik? Tentu saja banyak, mulai dari rasa, tampilan hingga topping yang disajikan. Namun ada sebuah pertanyaan yang membuat kami penasaran yaitu mengapa iklan es krim modelnya cantik-cantik? Yap, pertanyaan ini muncul dari Dani Maulana yang penasaran iklan es krim. Perempuan dan es krim, foto dari Kyle Loftus di Unsplash.com Dengan penuh penasaran, kami pun mencoba mencarinya, mulai dari melihat video di Youtube, membaca browsing hingga mengamati penjual es krim di wilayah kami sendiri. Lalu apa yang kami temukan? Inilah beberapa hal yang membuat iklan es krim lebih memilih model cantik. 1. Sudah menjadi budaya Tak diragukan lagi, iklan menggunakan model perempuan sudah lama dilakukan, mulai dari produk kecantikan hingga produk pria seperti otomotif dan gadget game. Jadi tidak mengherankan bila menggunakan model cantik untuk es krim. 2. Menunjukkan sifat es krim Es krim memiliki sifat lembut, dingin dan menyegarkan saat memak

Susu Kedelai, Susu Kaya Manfaat Untuk Vegetarian

Apa kamu pernah minum susu kedelai? Saya pernah mencobanya. Bagi kamu yang belum mencoba, kamu bisa membelinya di warung terdekat atau bila kamu pergi ke minimarket bisa mencarinya dengan nama 'Soya' yang sudah tersedia dengan pilihan rasa. Kedelai, source: freepik.com Susu kedelai memiliki warna putih kekuningan yang mirip dengan susu, baik itu susu sapi maupun susu kambing. Sementara untuk kandungannya  memiliki 3,5% protein, 2% lemak, 2,9% karbohidrat serta memiliki berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Nah bagi vegetarian, kelebihan susu kedelai bukan hanya sekedar alternatif susu sapi. Susu kedelai bisa juga dimanfaatkan untuk diolah menjadi tahu, pudding, es krim dan olahan lainnya yang membuat vegetarian bisa menikmati berbagai makanan. Lalu bagaimana dengan manfaat susu kedelai bagi kesehatan? Berikut 5 manfaat yang ada pada susu kedelai. 1. Sebagai antioksidan Susu kedelai mengadung senyawa yang disebut isoflavon, yang bermanfaat untuk