Langsung ke konten utama

7 Minuman Segar Paling Dicari saat Berbuka Puasa

Tidak disangka bulan Ramadhan sebentar lagi. Berbagai kegiatan bisa kita temui, mulai dari menjalankan ibadah, aktifitas sehari-hari hingga berburu takjil. Berburu takjil? Yap takjil atau menu berbuka puasa menjadi kegiatan yang sering kami temukan saat Ramadhan, terutama saat sore hari.



Menu takjil yang dihidangkan juga bermacam-macam, mulai dari kue, manisan hingga makanan berat. Begitu juga untuk minuman, banyak pilihan segar yang cocok untuk menyambut berbuka puasa. Lantas minuman seperti apa yang cocok untuk berbuka puasa? Ini dia 7 minuman segar paling dicari saat berbuka puasa versi Yuk Minum

1. Aneka Jus dan Sirup

Berbagai jus dan sirup tuk berbuka puasa, source: unsplash.com

Aneka jus dan sirup cukup mudah dijumpai saat berbuka puasa, kamu bisa memilih mana yang kamu suka. Namun bila berbicara tentang manfaat, kamu bisa memilih jus Aprikot yang kaya akan serat dan vitamin A. Kamu juga bisa mencoba jus Apel dan Tomat yang kaya vitamin.

Untuk sirup juga bisa dibuat menyegarkan dengan mencampurkan berbagai buah-buahan dan madu. Menariknya lagi, sirup bisa dihidangkan dalam bentuk es krim yang semakin menyegarkan.

2. Sop Buah

Sop Buah, source: flickr.com

Kalau cerita sop buah sudah tidak asing lagi bagi kita. Berbagai jenis buah-buahan hadir dalam sebuah mangkuk dengan kuah susu dan sirup, tidak lupa juga es batu yang semakin segar. Umum-nya buah-buahan yang ada sekitar 5-6 seperti pepaya, semangka, melon, anggur, jeruk, dan apel. Namun dibulan Ramadhan bisa lebih, dengan tambahan buah mangga, avocado, buah naga dan lainnya yang membuat ibadah puasa semakin berkah.

3. Es Dawet atau Es Cendol

Es Dawet / Es Cendol, source: pixabay.com

Es dawet atau es cendol sering dijadikan takjil saat puasa. Bahan utama yang biasa digunakan adalah tepung beras dan hunkwe dengan pewarna berwarna hijau. Sementara untuk kuah es dawet menggunakan santan dan air rebusan daun pandan yang membuatnya semakin kental.

Nah bagi kamu yang suka manis. Bisa menambahkan gula merah atau gula jawa sesuai seleramu.

4. Es Kelapa

Es Kelapa, source: unsplash.com

Sering diburu saat takjil. Kami pun sering mencarinya. Manfaatnya dapat mengembalikan kesegaran tubuh karena mengandung antioksidan untuk tubuh. Tidak hanya itu, manfaat kelapa juga mencegah tubuh mengalami dehidrasi sehingga cocok untuk berbuka puasa.

5. Es Kolak Pisang

Es Kolak Pisang, source: flickr.com

Kolak Pisang, saat hangat mengenyangkan, saat dingin menyegarkan. Es kolak pisang biasanya ditemani ubi, kolang-kaling sebagai kolak, sedangkan kuahnya menggunakan santan dan gula merah yang manis. Tidak lupa juga es batu untuk menambah kesegaran berbuka puasa.

6. Es Kopyor

Es Kopyor, source: flickr.com

Salah satu olahan kelapa yang diburu saat takjil adalah es kopyor. Es kopyor menggunakan daging kelapa yang diserut sebagai isian. Namun bila tidak ada daging kelapa, bisa menggunakan agar-agar dengan cara di potong atau diserut seperti menyerut daging kelapa. Untuk kuahnya, bisa di isi air dicampur dengan cocopandan. Tidak lupa juga es batu untuk menambah kesegaran.

7. Air Putih

Air putih, source: unsplash.com

Air Putih mungkin terdengar sepeleh bagi sebagian orang. Namun air putih memiliki khasiat menjaga metabolisme tubuh, yang berguna menjaga saluran pencernaan dan kesehatan organ vital lainnya. Tidak hanya itu, dengan meminum air putih saat berbuka puasa, kita bisa menjalankan aktifitas lain tanpa takut kekenyangan.

Nah inilah 7 Minuman Segar Paling Dicari saat Berbuka Puasa. Semoga ketujuh minuman ini ada yang cocok untukmu.

Komentar

  1. pilihan awal yang baik saat berbuka puasanya sebaiknya air putih baru dilanjutkan minum yang manis2.

    BalasHapus
  2. Es kelapa biasanya saya beli kalau lagi berburu takjil, Mas..hehe
    Tapi tetap saya selalu usahakan minum air putih terlebih dahulu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun mengusahakan memilih air putih dahulu.. biar bisa nyoba minuman yang lain, hehehe..

      Hapus
    2. Setuju, Mas.. apapun bukanya awali dengan segelas air putih terlebih dahulu..hehe

      Hapus
  3. Es kolak pisang dan irisan labunya jadi pilihan kedua setelah minuk air putih.
    Mantap deh ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow, tu es kolak pisang sering jadi pilihan kami.. Kalau gk sempat belinya, kami bikin sendiri..

      Hapus
    2. Mauuu ...
      Bagi yaa 😁

      Pengin ngerasain kolak bikinan keluarga mas Ridsal 😁

      Hapus
  4. Kalau saya cukup air putih mas, kalau yang manis-manis nanti malah ketagihan. Iya kok teh gak dimasukin mas? padahal sering juga tuh dijumpai pas buka puasa di masjid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya teh manis juga, ni minuman khas pelepas dahaga.. Thanks infonya mas..

      Hapus
  5. Tambahan es yang aku suka .... 😁, selain kolak pisang dan irisan labu, yaituuu ....

    Es kelapa yang dihidangin di tempurungnya ditambahi santan dikit plus 2 scoop ice cream ...
    Waaaaah segeeernya 😁

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soda Badak - Minuman Soda Ala Pematang Siantar

Kalau cerita minuman soda, pasti tiada habis-habisnya. Apalagi kalau sudah mampir di gerai cepat saji / fast food , makin komplit deh ceritanya. Namun pernahkah kamu berpikir seperti apa minuman soda dari negeri kita? Kami juga sempat bertanya-tanya seperti apa minuman soda asal negeri kita. Sambil memikirkannya, kami singgah di sebuah warung dengan memesan ayam goreng dan nasi. Tidak perlu menunggu lama, pesanan tiba. Kami pun menikmatinya sampai puas. Selesai menikmatinya kami pun melihat sekitar kami. Ternyata banyak anak muda memesan minuman soda cap Badak di warung ini. Dengan penuh penasaran kami pun ikut memesannya. Saat disajikan, kami bertanya kepada pelayan tentang minuman ini. Ternyata minuman ini, minuman soda khas negeri kita, tepatnya dari Pematang Siantar. Pelayan di warung juga menyarankan soda badak dicampur dengan susu, tapi kami lebih memilih mencoba soda badak tanpa susu. Soda Badak, source: lisalubis.blogspot.com Penasaran dengan cerita pel

Perempuan dan Iklan Es Krim

Apa yang membuat es krim (ice cream) menarik? Tentu saja banyak, mulai dari rasa, tampilan hingga topping yang disajikan. Namun ada sebuah pertanyaan yang membuat kami penasaran yaitu mengapa iklan es krim modelnya cantik-cantik? Yap, pertanyaan ini muncul dari Dani Maulana yang penasaran iklan es krim. Perempuan dan es krim, foto dari Kyle Loftus di Unsplash.com Dengan penuh penasaran, kami pun mencoba mencarinya, mulai dari melihat video di Youtube, membaca browsing hingga mengamati penjual es krim di wilayah kami sendiri. Lalu apa yang kami temukan? Inilah beberapa hal yang membuat iklan es krim lebih memilih model cantik. 1. Sudah menjadi budaya Tak diragukan lagi, iklan menggunakan model perempuan sudah lama dilakukan, mulai dari produk kecantikan hingga produk pria seperti otomotif dan gadget game. Jadi tidak mengherankan bila menggunakan model cantik untuk es krim. 2. Menunjukkan sifat es krim Es krim memiliki sifat lembut, dingin dan menyegarkan saat memak

Susu Kedelai, Susu Kaya Manfaat Untuk Vegetarian

Apa kamu pernah minum susu kedelai? Saya pernah mencobanya. Bagi kamu yang belum mencoba, kamu bisa membelinya di warung terdekat atau bila kamu pergi ke minimarket bisa mencarinya dengan nama 'Soya' yang sudah tersedia dengan pilihan rasa. Kedelai, source: freepik.com Susu kedelai memiliki warna putih kekuningan yang mirip dengan susu, baik itu susu sapi maupun susu kambing. Sementara untuk kandungannya  memiliki 3,5% protein, 2% lemak, 2,9% karbohidrat serta memiliki berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Nah bagi vegetarian, kelebihan susu kedelai bukan hanya sekedar alternatif susu sapi. Susu kedelai bisa juga dimanfaatkan untuk diolah menjadi tahu, pudding, es krim dan olahan lainnya yang membuat vegetarian bisa menikmati berbagai makanan. Lalu bagaimana dengan manfaat susu kedelai bagi kesehatan? Berikut 5 manfaat yang ada pada susu kedelai. 1. Sebagai antioksidan Susu kedelai mengadung senyawa yang disebut isoflavon, yang bermanfaat untuk